Materi Atmosfer - Kelas X IPS Semester 2 - Blog Guru Masa Kini Materi Atmosfer - Kelas X IPS Semester 2 | Blog Guru Masa Kini

Materi Atmosfer - Kelas X IPS Semester 2


Berikut ini kalian akan pelajari salah satu bagian dari Geografi fisik yaitu Atmosfer,  Geografi fisik adalah salah satu bagian utama ilmu geografi. Geografi fisik adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan studi tentang proses dan pola dalam lingkungan alam seperti atmosfer, biosfer, hidrosfer. Geografi fisik berlawanan dengan geografi manusia.


Sedikit kutipan materi Atmosfer ini adalah sebagai pengantar kamu sebelum menyaksikan video dibawah :

Apakah perbedaan iklim dan cuaca?
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi. Iklim di suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. Sedangkan Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit (tidak luas) dan pada jangka waktu yang singkat. Atau definisi cuaca ialah keadaan udara harian pada suatu tempat tertentu dan meliputi wilayah yang sempit, keadaan cuaca ini dapat berubah setiap harinya


Saksikan video pembelajaran berikut yang terdiri atas dua sesi dengan seksama untuk bisa mengerjakan tagihan tugas diakhir video :
Video Sesi 1
Video Sesi 2

Setelah menyaksikan video diatas, unduh materi berikut Atmosfer (unduh disini) untuk bahan belajar kamu mengerjakan Kuis Online (buka disini)
Sebagai tugas baik Individu maupun Kelompok :
  1. Video Sesi 1 : Carilah contoh gambar jenis-jenis awan yang terdapat dalam materi video  pembelajaran diatas! (Individu)
  2. Video Sesi 2 : Diskusikan secara berkelompok mengenai Gejala Kelainan Iklim sebagai akibat aktifitas manusia ! (Kelompok)
Kirimkan tugas kamu ke alamat email khusnilamrimh@gmail.com , baik individu maupun yang kelompok. Dan yang terakhir tuliskan komentar kamu mengenai video pembelajaran diatas demi perbaikan kedepan. Terima kasih untuk kunjungannya.

Khusnil Amri

2 komentar:

Iklan