Materi Desa Kota - Kelas XII IPS Semester 2 - Blog Guru Masa Kini Materi Desa Kota - Kelas XII IPS Semester 2 | Blog Guru Masa Kini

Materi Desa Kota - Kelas XII IPS Semester 2

Geografi adalah ilmu tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari bahasa yunani yaitu gê ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan").
Salah satu kajian keruangan Geografi adalah materi Desa Kota, sebagai pengantar berikut adalah pengertian desa dan kota :


Desa
Menurut R Bintarto,
Desa atau kota merupakan suatu hasil perwujudan geografis yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisografis, sosial, ekonomi, politk dan kultural yang terdapat pada suatu daerah serta memiliki hubungan dan pengaruh timbal balik dengan daeah lain.



Kota
Menurut MENTERI DALAM NEGERI RI NO. 4/1980
1.KOTA adalah suatu wilayah yang mempunyai batas administrasi wilayah
2.KOTA adalah lingkungan kehidupan yang mempunayi cirri non-agraris
Secara GEOGRAFIS
KOTA adalah suatu bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsure-unsur alami dan non-alami dengan gajala pemusatan penduduk tinggi, corak kehidupan yang heterogen, sifat penduduknya individualistis dan materialistis.

Berikut adalah materi berupa Video pembelajaran bab Desa Kota yang bisa kalian saksikan dibawah ini, 
Setelah menyaksikan video diatas, unduh materi berikut Desa Kota
Download materi (unduh disini) untuk bahan belajar kamu mengerjakan Kuis Online.


Kuis Online (buka soal dijendela baru)

Sebagai tugas untuk diskusi kelompok, carilah beberapa contoh ciri-ciri desa atau kota yang nyata ada dari desa atau kota tempat tinggal kamu?
Kirimkan tugas kamu ke alamat email khusnilamrimh@gmail.com, secara individu dan kelompok. Dan yang terakhir tuliskan komentar kamu mengenai video pembelajaran diatas demi perbaikan kedepan. Terima kasih untuk kunjungannya.

Khusnil Amri

1 komentar:

Iklan